Home » Wordpress » 4 Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Setelah sebelumnya penulis telah menjelaskan apa itu wordpress, kini penulis akan membahas apa saja perbedaan WordPress.com dan WordPress.org. Tujuan dari artikel ini, diharapkan para pemula yang ingin belajar WordPress dapat dengan mudah memahami letak perbedaan dari kedua jenis WordPress tersebut.

Berikut 4 Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org yang harus anda ketahui.

Gratis

Baik WordPress.com dan WordPress.org sama-sama disediakan secara gratis. Artinya pengguna dapat memakai WordPress tanpa dibebani oleh biaya apapun. Sebagai catatan saja, fasilitas gratis yang disediakan oleh WordPress.com memiliki keterbatasan.

Fasilitas Hosting

Jika anda mengunakan WordPress.com maka anda tidak perlu repot-repot maintain atau merawat Hosting yang anda pakai, karena pihak WordPress.com yang akan merawat dan memilihara semua fasilitas itu, dan anda tinggal pakai saja. Fasilitas hosting yang disediakan oleh WordPress.com juga dibedakan menjadi dua tipe, gratis dan berbayar (Premium). Pengguna tipe gratis tentu memiliki space (ruang penyimpanan) yang lebih kecil, sebaliknya tipe premium memperoleh ruang penyimpanan yang lebih besar.

Sementara jika anda mengunakan script (aplikasi) yang disediakan oleh WordPress.org maka anda harus menyewa sebuah Hosting (Server), dimana anda yang menentukan sendiri ingin menyewa hosting dengan kebutuhan seperti apa. Setelah itu anda harus menginstall aplikasi WordPress di dalam hosting tersebut, dan anda yang bertanggung penuh untuk menjaga (keamanan) dan memelihara (akselerasi) server anda agar tetap bekerja secara optimal.

Nama Domain

Pada dasarnya WordPress.com memang disediakan secara gratis, namun masih memiliki keterbatasan, jadi jika anda memilih mengunakan WordPress.com versi gratis maka nama domain anda akan seperti ini, contoh: NamaDomain.Wordpress.com (Ada embel-embel WordPress.com), atau nama domain web menjadi Sub-domain. Namun jika anda memilih mengunakan versi bebayar (Premium) maka anda dapat merubahnya menjadi NamaDomain.com.

Kemampuan Kontrol

Pada WordPress.com anda sama sekali tidak memiliki kemampuan kontrol penuh terhadap website anda. Berberapa keterbatasan yang bakal anda temukan jika mengunakan WordPress.com diantaranya, and tidak dapat menambahkan custom plugin, custom theme, dan tidak memiliki akses FTP.

Sebaliknya jika anda mengunakan WordPress.org, disini anda memiliki full kontrol terhadap website anda, maksudnya, anda dapat menambahkan cutom plugin dan theme sesuai kebutuhan, mengedit tampilan sesuai keinginan anda, memasang iklan di website, dan masih banyak lagi. Intinya, tidak ada yang membatasi anda, anda memiliki kontrol penuh di dalamnya.

Catatan tambahan, WordPress.org juga sering disebut dengan WordPress Self-hosted.

Nov 18, 2016 (ID Theme: 1095) Posted by Mr. Shine - No Comments

Your Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *