Home » Ask (Forum) » Cara Setting Plugin BackWPup?

Question

Hai semua,
Mohon pencerahannya untuk saya om,
Saya bermaksud melakukan backup untuk blog personal saya yang memakai wordpress dan saya ingin memakai plugin BackWPup karena saya dengar itu cukup bagus. Tetapi kendala yang saya alami sekarang adalah cara setting plugin tersebut dengan dropbox, jadi saya mohon pada teman-teman untuk dapat membantu saya ?

Aug 25, 2016 (3 months ago) - Posted by 1 Comment

One Answer

  1. sholeh says:

    Hi,

    Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan aktifkan plugin BackWPup. Setelah aktivasi, plugin akan menampilkan halaman selamat datang. Ini juga akan menambah item menu BackWPup di admin sidebar WordPress Anda.

    MEMBUAT JOB BACKUP DENGAN BACKWPUP

    Klik Add New Job untuk membuat pekerjaan backup otomatis untuk website WordPress Anda. Di bawah tab General, berikan nama untuk job ini. Nama ini akan digunakan secara internal dan akan membantu Anda mengidentifikasi setiap instance cadangan. Di bawah Job Task, pilih jenis tugas Anda ingin ini untuk melakukan. Tugas yang tersedia termasuk backup database, backup file, WordPress Export XML, daftar plugin terpasang, mengoptimalkan tabel database dan memeriksa tabel database. Jika Anda hanya ingin membuat cadangan dari situs anda, maka anda dapat memilih semua pilihan kecuali untuk mengoptimalkan dan memeriksa tabel database.

    Pilih jenis Archive, Opsi default adalah tar.gz, namun Anda dapat memilih zip arsip atau pilihan lain. Di bawah ini, anda akan melihat bagian Destination Job. Di sinilah backup Anda akan disimpan. BackWPup menyediakan beberapa pilihan untuk menyimpan file backup Anda. Hal ini dapat menyimpan file cadangan pada server anda, kirim melalui email, backup ke FTP, backup ke dropbox, amazon S3, Windows Azure, Rackspace, dan SugarSync. Dalam tutorial ini saya akan akan menggunakan media penyimpanan DropBox.

    PENJADWALAN OTOMATIS BACKUP DI WORDPRESS MENGGUNAKAN BACKWPUP

    Klik tab Jadwal dan pilih seberapa sering Anda ingin backup situs anda. Anda dapat menjadwalkan untuk menjalankan setiap bulan, mingguan, atau harian dengan memilih opsi WordPress Cron. Atau, anda dapat memilih untuk secara manual menjalankan pekerjaan, sehingga anda dapat membuat backup on-demand situs anda. Untuk pengguna tingkat advance ada lebih banyak pilihan seperti menggunakan URL untuk memulai pekerjaan eksternal menggunakan beberapa perangkat lunak lain atau memulai pekerjaan menggunakan WP-CLI, antarmuka baris perintah untuk WordPress. Untuk pengguna tingkat pemula kami akan sangat menyarankan menjadwalkan backup harian atau mingguan dengan memilih opsi wordpres Cron.

    APA YANG HARUS DI BACKUP?

    Klik tab Backup DB untuk memilih tabel yang ingin dimasukkan dalam cadangan. Terkadang plugin WordPress membuat tabel mereka sendiri ke dalam database anda, sebagian besar waktu data ini tidak penting dan anda mungkin tidak membutuhkannya. Centang tabel ini akan mengurangi ukuran backup anda. Namun jika anda tidak tahu apa yang anda lakukan, maka simpan semua tabel yang dipilih.

    Di bawah tab File Anda dapat memilih direktori dan file yang ingin Anda sertakan dalam pekerjaan cadangan. Saya merekomendasikan untuk tidak melakukakn semua backup file. Sebaliknya, hanya backup / folder wp-content upload anda. Hapus tanda centang root folder Backup.

    MENYIMPAN WORDPRESS BACKUP KE DROPBOX

    Tergantung pada apa yang Anda pilih sebagai tujuan untuk backup anda, anda akan melihat tab Dropbox. Dalam tutorial ini kita akan menunjukkan cara untuk secara otomatis meng-upload backup WordPress anda untuk Dropbox menggunakan plugin BackupWP. Jadi klik pada tab Dropbox dan kemudian klik pada reauthenticate (Full Dropbox).

    Ini akan membawa Anda ke situs web Dropbox di mana anda akan diminta untuk memberikan username dan password dropbox anda. Setelah masuk, DropBox akan meminta izin anda untuk memberikan akses BackWPup ke akun Dropbox Anda.

    Setelah itu, plugin akan mengurus sisanya.

    MENCIPTAKAN BEBERAPA WORDPRESS JOBS BACKUP MENGGUNAKAN BACKWPUP

    Anda dapat membuat beberapa Job cadangan dengan BackWPup. Misalnya, Anda dapat membuat Job yang dijadwalkan untuk berjalan secara harian atau mingguan untuk cadangan database WordPress Anda dan Job lain untuk dijalankan secara manual untuk membuat cadangan file WordPress anda. Anda dapat melihat semua Job yang diciptakan oleh Anda di halaman BackWPup »Jobs. Anda dapat menjalankan salah satu Job backup dengan mengklik Run Now link di bawah Job, bahkan untuk Job dijadwalkan. Anda juga dapat mengedit pengaturan untuk Job atau menghapusnya.

    MENJALANKAN BACKUP JOB

    Ketika Anda menjalankan Backup Job manual dengan mengklik Run Now, BackWPup akan menunjukkan proses backup. Mengklik pada log layar kerja, Anda dapat melihat apa yang sedang terjadi di latar belakang. Jika karena alasan Job cadangan gagal, maka log ini juga akan menampilkan alasannya. Anda juga dapat membatalkan job selama kemajuan dengan mengklik tombol abort.

    Register Member

Your Answer

Your email address will not be published. Required fields are marked *