Home » Ask (Forum) » Cara Set Up Dropbox Sebagai CDN WordPress?

Question

Hi, Saya kemarin baca artikel mengenai CDN, dimana CDN dapat meringankan beban loading saat dibuka. Dan setahu saya kebanyakan jasa CDN itu kan berbayar, Tapi saya tadi baca ada yang mengusulkan untuk memakai dropbox tetapi tidak menampilkan cara atau instruksi pemasangannya. Dari situ saya mau tanya caranya untuk set up drobox sebagai CDN ?

Aug 20, 2016 (4 months ago) - Posted by 1 Comment

One Answer

  1. Nita says:

    Hi,

    ADA DUA CARA UNTUK MENGGUNAKAN DROPBOX SEBAGAI CDN.
    I. MENGGUNAKAN PLUGIN WP SUPER CACHE

    1. Download plugin WP Super Cache. “https://wordpress.org/plugins/wp-super-cache/”

    2. Download folder wp-includes dan wp-content dari blog Anda.

    3. Daftar akun Dropbox. Buat folder baru di folder publik Dropbox. Untuk tutorial ini, saya akan menggunakan folder bernama CDN.

    4. Buka panel kontrol nama domain Anda dan membuat sub-domain baru (misalnya cdn.namadomainanda.com)

    5. Buka file manager website Anda, dan cari dan buka folder bernama CDN. Ketika Anda berada di dalamnya, membuat file bernama htaccess dan paste kode berikut di dalamnya.

    Redirect 301 / http://dl.dropbox.com/u/ID/cdn/

    Ganti “ID” dengan Dropbox profil ID Anda

    6. Buka halaman pengaturan plugin WP Super Cache dan pilih tab berlabel CDN. Periksa kotak centang di depan Enable CDN dan ketik nama sub-domain yang Anda buat sebelumnya.

    7. Klik Simpan dan uji jaringan pengiriman konten baru Anda

    II. MENGGUNAKAN PLUGIN DROPBOX CDN

    Plugin ini masih kekurangan beberapa fitur, tetapi sudah memberikan apa yang Anda butuhkan saat ini untuk kemampuan menggunakan Dropbox sebagai CDN untuk blog Anda. Ikuti langkah-langkah untuk melakukan hal ini:

    1. Download, install dan aktifkan plugin dari Plugin Dropbox CDN “http://wordpress.org/plugins/dropbox-cdn/”

    2. Sign in dengan akun Dropbox Anda dan membuat folder baru di root direktori penyimpanan awan Anda. Nama tidak masalah, saya akan menggunakan CDN.

    3. Buka file manager website Anda dan men-download seluruh direktori wp-content. Meng-upload ke folder CDN di akun Dropbox Anda.

    4. Buka direktori Dropbox Anda dan salin URL dari folder yang Anda buat pada Langkah 2.

    5. Buka pengaturan plugin Dropbox CDN dan paste URL di sana.

    Kedua metode ini diuji dan bekerja dengan sempurna. Ketika Anda telah menyelesaikan langkah-langkah di atas, file statis blog Anda sekarang akan diselenggarakan dan dimuat melalui akun Dropbox Anda. Jika Anda pernah mengubah apa pun pada file yang terletak di wp-content dan wp-includes, Anda harus meng-upload kembali mereka ke akun Dropbox Anda.

    Peringatan :

    Metode ini tidak sulit dan banyak blogger menggunakannya untuk mempercepat situs Web mereka. Namun, perlu diingat bahwa Anda memiliki batas harian pada bandwidth Dropbox Anda, sehingga metode ini tidak akan bekerja sempurna jika blog Anda dikunjungi oleh ribuan pengguna.

    Register Member

Your Answer

Your email address will not be published. Required fields are marked *